Kamis, 19 Januari 2017

Talk with Strangers (ep 2)

Hai apa kabar?

Hari demi hari terus berjalan, bulan demi bulan kita lewati, dan tahun demi tahun ga kerasa udah cepet banget berganti. Selamat tahun baru 2017 ya guys, karena masih bulan Januari tahun baru ini belum berakhir kan hehe. Gue ga akan bercerita banyak tentang pengalaman tahun baru gue gimana, tapi fyi aja sedikit kalo malam tahun baruan kemarin gue habiskan di rumah dengan bakar-bakar ikan dan jagung sama keluarga (dan mati lampu duh). Yaaa peran gue hanya sebagai anak dari keluarga kecil ini, bukan keluarga kecil sendiri yang udah gue bangun karena gue aja masih sibuk kuliah haha. Tenang, semua akan indah pada waktunya kok (loh apa ini wkwk). Berhubung lagi-lagi masuk liburan, gue akan lanjutin nulis di blog ini yang sebenernya ga penting juga sih wkwk. Gpplah yaaa iseng-iseng dikit, daripada kata-kata di kepala gue ini terlalu ganggu lebih baik dikeluarin jadiin tulisan. So, welcome to my thread (eh salah forum wkwk). I mean welcome to my blog epribadeh JJJ

tahun baru mainan ini wkwk

Gue bingung akan memulai dari mana. kampret wkwk..

Okeee ada baiknya kita ucapkan salam dulu, assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Biar sopan dan punya tata karma bertamu, kalian juga harus ucap salam dulu ya wkwk. PROLOG GA PENTING NIH wkwk, duh makin muter-muter gue nulis apaan. Suer ini semua ada di kepala gue dan ga bermaksud gue tulis haha, abisnya gue akhir-akhir ini mikirin dia mulu sih wkwk. Canda dehhh pisss ga kepikiran kamu kok hehe. Malam ini entah kenapa mood gua lagi ga bersahabat banget, ya gatau bete aja gituuu dan mood gue makin parah sampe-sampe kirim sticker line “hate you”, dan hell untungnya agak membaik dikit karena tadi abis yasinan hehe. btw met malam jumat gengs…

Balik lagi ke topik awal, kali ini gue akan ngelanjutin bahas strangers lagi… Dan entah kenapa gue sebenernya suka banget nemuin orang baru, karena banyak banget pelajaran yang diem-diem bisa diambil. Bertemu dengan bermacam-macam sifat dan sikap orang baru tentu itu bisa jadi pelajaran buat gue terutama dalam menyikapi kebanyakan orang. Bukan maksud gue bereksperimen dengan strangers yang gue temuin tapi masalahnya adalah gue paling ga suka sendirian di jalan wkwk. Sebenernya itu sih emang kenyataan (baca: single) wkwk. Eh tapi bukan itu poinnya, hal yang gue paling gasuka adalah saat kemana-mana sendirian tuh karena ga ada yang bisa diajak ngobrol. Maka dari itu gue selalu nyari temen buat ngobrol saat mood lagi baik dan pasti emang lagi pengen ngobrol. Beberapa petuah sering banget gue dapet dari sobat-sobat kalo gue jangan terlalu sering ngobrol atau ngeladenin strangers. But sometimes I can’t gals, I need someone here (nunjuk hati wkwk apalah ini kok jadi ngomongin hati)…. Di saat-saat tertentu gue emang pengen banget ngobrol sama orang tapi kadang kalo mood ga baik, jangan harap tampang gue bisa ditolerir untuk diliat wkwk. Petuah-petuah sobat gue itu emang kadang gue lakukan karena emang gue juga pilih-pilih orang buat ngobrol. Kalo kata kutipan buku tuh “don’t judge book by the cover” hell… gue juga ga akan kurang kerjaan menilai tiap orang yang gue temui, tapi dalam membuka percakapan baru gue selalu menilai nih orang bener ga kalo diajak ngobrol. Dan hal yang paling bisa gue lakukan dalam memilihnya adalah dengan lo liat kejujuran di mata orang tersebut. cieeee. Bisa asik ga diajak ngobrol haha. Satu pelajaran buat para penumpang adalah jangan mudah tertipu oleh orang-orang yang mencoba baik sama lo. Maksudnya adalah saat dibaikin seseorang ya boleh lah menerima kebaikannya, tapi alangkah lebih baik kita membatasi - apapun itu. Sekedar menjaga diri dan sekedar menghindari perbuatan yang akan disesali kemudian. Satu hal lain lagi saat bersama orang baru adalah jangan sepenuhnya percaya. Terlepas dari dia cerita panjang lebar, ya lo bisa ambil baiknya dan buang jeleknya (gampang kannn).. Karena emang ga ada yang sempurna di dunia ini, begitupun strangers (apalagi diri gue sendiri hmm).

Udah panjang banget prolog di atas dan perkenalkan saya ndoro ratu kanjeng haha orang betawi- sunda kejauhan gini padahal, jadi panggil aja mpok/ neng ratna hihiw. Hell gue ga demen dipanggil mpok wkwk. Gue akan berbagi cerita tentang pertemuan gue dengan strangers selanjutnya yang emang bisa diambil baiknya dan buruknya diri gue semoga dimaklumin aja ya. Karena gue seutuhnya manusia yang tak luput dari dosa, apalagi dosa kepada semut-semut yang tak berdosa. Ga baik kebanyakan ngomongin dosa, lebih baik ngomongin pahala biar kita senantiasa mendapatkan pahala aamiin…

Okeee balik ke topik awal, perkenalkan strangers yang akan gue ceritakan adalah seorang bapak-bapak perawakan tinggi dan dari yang gue taksir umurnya sekitar 50 tahun. Lebih tua dari bokap gue 7 tahun-an lah. Gue bertemu bapak-bapak ini di kereta. Seperti biasa perjalanan dari Cilincing-Ciputat tiap minggunya. Saat itu hari Minggu sekitar 2 bulan yang lalu, dan di pagi hari Minggu nan cerah gue terpaksa harus ke kosan karena ada urusan. Pagi itu seperti biasa gue dianter bokap ke stasiun dan saat kereta datang gue naik. Butuh beberapa menit nunggu jadwal kereta berangkat, dan jam 7.10 berangkatlah kita. Saat itu gue liat bapak ini lagi kebingungan nanya mas-mas & mba-mba di sampingnya, dan gue sedang asik mendengarkan lagu dengan headsheat kesayangan wkwk. (jangan terlalu serius)… Gue abaikan aja tuh bapak-bapak kebingungan yang duduk di seberang dan saat ga sengaja gue liat raut mukanya masih aja bingung. Gue agak nguping dikit aja nih pembicaraan orang-orang, dan ternyata si bapak ini mau ke stasiun “Tenjo”. Itu sih jauh juga dan gue rasa si bapak baru pertama kali naik kereta, dan jelas aja dia belum paham banget apa yang mas/mba bilang… Akhirnya gue memberanikan diri nanya pertanyaan yang ga perlu gue tanya lagi wkwk “bapak emang mau kemana?” dan dijawablah jawaban yang udah gue tau wkwk “mau ke Tenjo”. Gue kasih tau dah tuh arahnya dan gue bilang “mending bapak bareng saya aja, arahnya sama kok pa tapi nanti saya turun duluan”. Nah lohhh bapak-bapak ngintilin gue wkwk.

Sebenernya gue agak anti kalo berurusan sama kaum Adam di jalan, bukannya gimana-gimana yaaa IYKWIM deh. Walaupun emang gue demen ngobrol tapi untuk hal yang satu itu gue rada males. Dan seringnya sih kalo udah gue liat tanda-tanda ga bener, gue tampilin tuh muka ngeselin wkwk. Tapi kalo ada tanda-tanda pucuk dicinta ulam pun tiba, gue juga males soalnya nanti disangka keganjenan lagi wkwk. Alhasil gue emang lebih sering ngobrol sama strangers yang sejenis. Cerita dikit, gue sebenernya ga pernah bilang ini ke siapa-siapa tapi ini kejadian saat gue lagi naik metromini. Kejadiannya udah lama, saat itu lumayan malem dan emang oon gue kalo pulang suka kemaleman duh. Saat itu gue duduk di deket jendela dan samping gue abang-abangan. Yelah males banget gue diajak ngobrol ga penting, dan akhirnya minta nomor. Kampret kan.. Posisi gue terjebak dan selamatnya gue baik-baik aja dengan penolakan halus itu. Gila dalem hati gue udah kasih sumpah serapah, bukannya apa sih gue ga demen aja orang begitu wkwk.

Balik lagi ke cerita, akhirnya kita harus transit di Stasiun Kampung Bandan- dan sebelumnya kita berangkat dari Stasiun Tanjung Priok. Sambil nunggu kereta datang, gue kasih tau lagi si bapak arah tujuannya. Dan masih aja dia keder wkwk. (sabar nak sabar).. Ya bener kan dugaan gue, si bapak ini baru pertama kali naik kereta ini dan sendirian. Beberapa menit kemudian kereta datang, dan kita akan menuju ke Stasiun Tanah Abang.  Udah pasti gue ga akan berada di gerbong perempuan karena si bapak ini kan ngintilin gue wkwk. Gue udah tau pasti nanti bakalan sesak banget di dalam kereta dan beruntungnya gue dapet duduk. Tapi dewi fortuna belum mengizinkan gue duduk sampai tujuan akhir, ya karena baru tiba di satu stasiun tiba-tiba di depan gue ada ibu-ibu hamil diri. Untungnya tas gue lagi enteng kan akhirnya ngalah deh sama bumil satu itu biar duduk. Hettt ternyata ada lakinya di samping gue, mereka pegangan tangan uuuu cocwittt. Si bapak tadi masih ada di sekitar dan dia masih duduk adem ayem ngantuk-ngantuk gimana gituuu. 1 stasiun lewat dan akhirnya sampailah kita di stasiun Tanah Abang. Kita berganti kereta lagi ke jalur 5/6 dan sebenernya kereta tujuan Serpong udah ada dan harusnya gue bisa aja naik. Tapi sayangnya kereta si bapak ini tujuan akhir Maja, dan kita tunggulah kereta itu datang. Agak lama juga kita nunggu kereta tujuan Maja datang, dan akhirnya datang juga. Saat itu penumpang sepi dan duduklah kita di dalam kereta (yakali di kandang macan wkwk). Sambil nunggu berangkat, banyak banget yang kita obrolin dan gue terlalu malas nulis semuanya hehe… Satu hal yang penting dari perkataan bapak itu adalah dia bilang “SHOLAT JANGAN SAMPE DITINGGALIN”. Emang dari awal ngobrol udah ke-bapak-an  (yakali ke-emak-an duh), orangnya asik dan ternyata rumah kita emang lumayan dekat. Si bapak ini anaknya ngajar di sekolah XX dan gue tau banget sekolah itu karena emang tau wkwk. Bapak ini banyak ngasih wejangan layaknya seorang bapak kepada anaknya. Nah loh apa tadi bapaknya bilang, sholat jangan sampe ditinggalin. Inget.. kita ga punya apa-apa selain amal yang kita bekalin nanti, dan jangan sampe lupa deh pokoknya jadi anak yang bener dan baik. Gue gaperlu ceramah panjang lebar karena udah banyak yang sering kasih siraman rohani kannnn. Dan lagi-lagi, kita gabisa nilai seseorang dari luarnya aja kan. Ternyata masih banyak orang baik berkeliaran di sekitar, itu semua tergantung gimana cara kita menyikapi dan kita juga harus melihat mana yang bener-bener baik dan pura-pura baik. Semuanya kembali pada kalian, karena pelajaran sebenernya bisa datang dari orang-orang yang ga pernah kita sangka. Seengganya hari itu gue bersyukur udah ajak bapak itu buat bareng gue karena bagaimanapun juga tiap gue lagi males sholat selalu aja keinget pesan itu. Ya walaupun emak bapak gue juga ga henti-hentinya ceramahin gue, kadang kita sendiri sampe kebal sendiri kan emang wkwk. Sadarlah nak… wkwk. Dan saat itu gue berpisah sama bapak itu karena udah sampai di tujuan gue Stasiun Pondok Ranji. Akhirnya gue sampai juga, dan kebetulan gue juga udah agak telat sebenernya tapi dengan sangat baik hati kawan gue mau jemput di stasiun. Dan sampailah kita di kosan gue hehe.

Ga kerasa baru nyeritain satu strangers doang kok banyak juga yaaa. Padahal ada strangers lain seorang ibu juga yang mau ditulis tapi nanti lagi deh yaaa. Ohya di hari itu gue sebenernya juga ga tau banget tujuan akhir si bapak dimana (mana hapal gue semua stasiun duh), tapi berhubung gue nyimpen gambar rute kereta di hp jadi gue bisa ngasih tau arah pada bapak ini. Dan lagi-lagi setelah gue ceritain kejadian hari itu, gue kena semprot kalo gue tetep ga dibolehin keseringan ngajak ngobrol orang… wkwk iya gue paham kalian terlalu sayang sama gue kok hehe. Oke, kalo gitu gue cabut dan gue bisa katakan misi malam ini selesai (yah gue udah lama ga nonton tuh acara wkwk). Wassalamualaikum dan selamat malam.